Selasa, 10 Mei 2011

Peran Mahasiswa Terhadap Masyarakat

Sejatinya mahasiswa juga merupakan bagian dari masyarkat. Karena mahasiswa merupakan pelajar yang berada pada tingkatan teratas, mengalami masa transisi dan sedang disiapkan untuk dapat benar-benar terjun dalam masyarakat. Mahasiswa selayaknya memiliki tingkat kematangan berfikir yang cukup dewasa dan sudah bisa menganalisa berbagai masalah dengan ilmu bukan dengan emosi seperti layaknya anak yang baru menginjak usia remaja. Sudah menemukan jati diri pun hendaknya sudah mulai ditemukan karena sangat berhubungan dengan bida jurusan yang dipilih di perguruan tinggi. Hal ini akan membuat perencanaan lebih baik dan sesuai serta lmeningkatkan peluang kesusksesan ketika bermasyarakat. 

Oleh karena itu mahasiswa harus bisa berperan aktif dalam masyarakat. Hala ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat karena mahasiswa dapat belajar bemasyarakat secara bertahap. Nah, berikut adalah beberapa peran mahasiswa di masyarakat :

1. Menjadi Contoh yang Baik
Sebagai generasi terpelajar, mahasiswa harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat. Karna mahasiswa juga merupakan penerus bangsa.
2. Menjadi sumber Inspirasi dan Motivasi.
Mahasiswa sudah mendalami suatu disiplin ilmu tertentu sesuai dengan jurusanya. Dengan ini mahasiswa diharapkan untuk dapat berinovasi menciptkan karya-karya yang kreatif dengan ide-ide baru seperti membuat suatu karya tulis ilmiah yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi. 
3. Menjadi Sumber Informasi.
Mahasisawa dapat aktif untuk mengikuti berbagai perkembangan berita yang ada dan dapat menganalisanya dengan bijak sehingga bisa melakukan diskusi berbagai masalah yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.
4.Mengadakan Berbagai kegiatan Positif dan Inovatif..
Kemampuan berorganisasi juga harus dimiliki aeorang mahasiswa. Kemampuan ini sangat berguna untuk aktif diberbagai organisasi seperti organisasi kemahasiswaan kampus, KARANGATARUNA, atau atau aktif di organisasi ekstrakulikuler di tempat sang mahasiswa bersekolah dulu. Dengan begitu mahasiswa dapat mengadakan berbagai kegiatan positif dan edukatif guna membina hubungan sosial terhadap masyarakat.

Dari beberapa contoh diatas masih banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa dalam perannya dimasyarakat. Dimulai dari diri sendiri untuk dapat menjadi seorang yang bijak, mau belajar dan mampu melakukan interaksi sosial dilingkangan sekitar guna membangu kepercayaan orang lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar