Rabu, 22 Juni 2011

Belajar Berwirausaha

Berwira usaha adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan seseorang dengan mengelola bisnisnya tersebut atau seseorang yang membuka usaha sendiri dalam mencari penghasilan dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dan orang yang berwirausaha disebut wiraswasta.

Dizaman banyak PHK dan pabrik gulung tikar seperti ini berwira usaha adalaha solusi yang tepat. Apalagi terbukti pada masa krisis ekonomi global tahun 2008 lalu, bidang wirausaha mampu nertahan dari keruntuhan perusahaan besar. Negara yang maju pun ditentukan olah indikator wirausaha yang tidak bergantung kepada perusahaan raksaksa milik asing.

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti untuk memulain belajar berwirausaha:
A. Memulai dari NOL: banyak sekali orang yang menawarkan kita berbisnis. dengan rayuan manisnya mereka mengajak kita berbisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Tka ada resiko yang dibahas, hanya keuntungan-dan keuntungan. Dan biasanya kita disuruh menyetor uang sebagai modal yang cukup besar pula. Namun pada kenyataannya hanya kerugian yang didapat karena yang terjdi hanyalah "penipuan" dan semacamnya. Jadi mulailah dari NOL, dengan modal secukupnya, jangan pernah memikirkan keuntungan dullu.
B. Memilih Jenis Usaha yang Tepat: Anda harus memilih jenis usaha apa yang akan dirintis. Hal-hal yang perlu diperhitungkan adalah kemampuan modal, sumberdaya dan social networking, dan dapat memilih tempat yang strtegis. Mungkin ada dapat memilih usaha yang belum ada atau terpenuhi didaeraha yang akan dijadikan tempat usaha. 

C. membangunSocial Networking: Tentunya anda tidak akan mampu membangun usaha sendiri. Anda perlu membangun hubungan pergaulan yang luas guna mencari ilmu dan bertukar pengalaman dengan orang lain. Dengan memiliki banyak pergaulan anda jadi lebih mudah mencari bantuan seperti tambahan modal dan dapat memperluas pengetahuan. Banyak membaca koran dan menjelajag internet atau membaca buku-buku juga sangat bermanfaat.Anda juga harus bisa membina hubungan baik dengan warga sekitar agar usaha anda semakin lancar.

D. Sabar dan Tekun: Jangan harap berbisnis akan langsung mendapat keuntungan. Pertama-tama bisanyanya anda akan mendapat kerugian, disinilah kesabaran dan ketekunan anda akan diuji. Dengan mumulainya dari NOL alias modal secukupnya, anda dapat merintis usaha anda step by step sambil menganalisanya. Lalu anda dapat mengevaluasi porspek bisnis anda kedepannya. 

Perhitungkan semuanya dengan matang termasuk segala resiko dan cara menanggulanginya. Jangan hanya memikirkan keuntungan semata. Dengan memulainya dari NOL anda pun tidak akan terlalu jatuh ketika mengalami kerugian. Banyak-banyaklah mencari refrensi dari pergaulan dan media serta buku, karena dapat menambah inspirasi dan kreatifitas. Serta bertawakallah kepada Tuhan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar