Senin, 20 Juni 2011

Cara Meraih Cita-Cita, Potensi Diri, Kekuatan, dan Kelemahan

Sudah semejak kanak-kanak setiap orang tentunya punya cita-cita. Biasanya anak-anak mencita-citakan berbagai profesi seperti dokter, pilot, polisi, dll. Tentunya itu hanyalah cita0cita dimasa kecil yang tentuny akan berubah dan tak ada seorangpun yang tahu akan menjadi apa kita nanti. Namun demikian kita tetap harus punya cita-cita guna membuat perencanaan hidup yang baik.

Meraih suatu cita-cita bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha dan perencanaan yang baik untuk mencapainya. Dalam hal perencanaan diperlukan analasis untuk melakukan persiapan seperti mengenali potensi diri, mencari kelemahan dan kukuatan seseorang, serta jalur pendidikan yang akan ditempuh. Berikut ini adalah urain cara mengenali potensi diri, kekuatan dan kelemahan guna meraih cita-cita:



A. Mengenali Potensi Diri.

Ada beberapa beberapa orang yang mudah mengenali potensinya karenamemiliki bakat yang menonjok disuatu bidang tertentu sejak dini. Hal ini sangat menguntungkan karena sudah bisa melekukan suatu perencanaan termasuk memilih jalur pendidikan untuk mengali potensi/bakat tersebut. Namun ada beberapa orang yang kelihatan tidak memiliki bakat yang cukup menonjol. Oleh karena itu orang tersebut harus pro-aktif guna mencari potensinya. Sedini mungkin harus mukain mencoba mempelajari berbagai hal positif yang ada disekelilingnya untuk mencari minat dan potensinya. Biasanya masa-masa remaja adalah masa-masa dimana seseorang sedang mencari jatidirinya, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencari potensi diri. Sebab jika kita sudah tahu potensi yang dimiliki, maka kita akan lebih mudah menentukan arah kehidupan kita mau jadi apa kita nanti. 


B. Mencari kekuatan dan Kelemahan.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya seseorang dapat memenejnya anta kelebihannya untuk menutupi kekurangannya. Dala perjalanan menggali potensi dan bakat sesorang akan menemukan kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian seseorang akan bisa memanfaatkan kelebihannya untuk mencapai cita-citanya serta mensiasati kelemahannya agar tidak menghalangi cita-citanya.
KESIMPULAN:

Dengan mengenali apa yang ada dalam diri kita baik itu potensi, kekuatan maupun kelemahan kita dapat menetukan rencana hidup yang lebih jelas dan memilih cita-cita yang sesuai.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar