Rabu, 08 Juni 2011

Jika Saya Menjadi Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin adalah kewajiban semua orang, terutama laki-laki. Tidah harus dalam suatu organisasi atau keluarga, tetapi minimal menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Namun menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Dan berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus saya hadapi ketika saya menjadi pemimpin kelak:

A. Terjadi Konflik Internal didalam Organisasi
Konflik internal adalah hal yang wajar terjadi dalam organisasi. Dan disini lah sang pemimpin diuji tuk menyelesaikan konflik dengan bijak. Sang pemimpin hendaknya bersikap netral dan adil. Menyelesaikan konflik dengan cara musyawarah dan mufakat, dituntut agar memimpin jalannya musyawarah dengan baik, memberikan kesempatan bagi seluruh anggota, dan mendengarkan seluruh aspirasi. Menganalisa permasalahan yang ada dan mencari berbagai masukan untuk mencari solusinya.Biasanya masih ada saja pihak-pihak yang masih merasa belum puas atas solusi yang ada, maka dari itu pemimpin harus bisa memberikan pengertian bagi pihak-pihak yang belum puas.

B. Memotivasi Bawahan Agar Giat
Menjadi pemimpin harus desegani bawahan bukan ditakuti. Dengan disegani pemimpin juga dapat menjadi penutan bagi bawahannya. Hal ini sangat diperlukan guna memberi motivasi. Dengan motivasi para anggota/bawahan disuatu organisasi dapat bekerja lebih baik. Memberi motivasi dapat dimulai dengan menjadi contoh yang baik bagi bawahan.

C. Gaya Kepemimpinan yang Efektif.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, maka dari itu juga akan mempengaruhi gaya kepemimpinannya. Tak ada gaya kepemimpinan yang sempurna didunia ini. Namun kita bisa mencoba gaya kepemimpinan ya efektif, yaitu gaya kepemimpinan yang dapat diterima oleh para bawahan. Dizaman yang modern ini gaya kepemimpinan yang mudah diterima seperti: demokratis, kharismatik, supel (mudah menjalin komunikasi) tegas, dan konsisten. Dengan diterimanya suatu gaya kepemimpinan pleh para bawahan akan menciptakan suasana yang kondusif dan segala macam agenda organisasi dapat berjalan tanpa banyak menemui banyak kendala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar