Minggu, 09 Januari 2011

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Sumber Daya Manusia atau yg biasa disingkat SDM adalah factor penting bagi suatu Negara.  Disuatu negara yang memiliki SDM yang bagus maka negara tersebut akan maju, dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu sering kali kita melihat banyak tenaga asing yang berasal dari negara maju bekerja sebagai tenaga ahli di negara-negara berkembang. Hal itu dikarenakan negara yang mendatangkan tenaga asing belum memiliki SDM yg memadai dinegaranya. Menurut Wikipedia SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industr
i dan organisasi.

Definisi, Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM
kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.  (organisasi.org)
Penyusunan Personalia Organisasi
Proses penyusunan personalia (staffing process) dapan dipandang sebagai serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terus menerus untuk menjaga pemenuhan kebutuhan personalia organisasi dengan orang-orang yang tepat dalam posisi-posisi tepat dan pada waktu yang tepat. Fungsi ini dilaksanakan dalam dua tipe lingkungan yang berbeda. Pertama, lingkungan eksternal yang meliputi seluruh faktor di luar organisasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhinya. Kedua lingkungan internal, yang terdiri dari unsur-unsur di dalam organisasi.
Langkah-langkah proses ini mencakup:         
1. perencanaan sumber daya manusia, yang dirancang untuk menjamin keajegan dan pemenuhan kebutuhan personalia organisasi.
2. Penarikan, yang berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia segaris dengan rencana sumber daya manusia.    
3. Seleksi, mencakup penilaian dan pemilihan di antara calon-calon personalia.
4. Pengenalan dan orientasi, yang dirancang untuk membantu individu-individu yang terpilih menyesuaikan diri dengan lancar dalam organisasi.
5. Latihan dan pengembangan.

Sumber Penawaran Personalia   

Ada tiga sumber penawaran intern, yaitu :
 
1.     Penataran (Upgrading) yaitu dengan mendidik dan memberi latihan.
2.     Pemindahan (transferring) yaitu posisi yang kurang disenangi ke posisi lain yang lebih memuaskan kebutuhan.
3.     Pengangkatan (promoting) yaitu pengangkatan ke jabatan yang lebih tinggi lagi.

Sumber ekstern penwaran tenaga kerja dapat diperoleh antara lain dari lamaran pribadi yang masuk, organisasi karyawan, kantor penempatan tenaga kerja, sekolah-sekolah, para pesaing, imigrasi dan migrasi.(sumber: nazlahanum.blogspot.com)

Program kompensasi harus memiliki 4 (empat) tujuan :
1. Terpenuhinya sisi legal dengan segala peraturan dan hukum yang sesuai  
2. Efektivitas biaya untuk organisasi 
3. Keseimbangan individual, internal, eksternal untuk seluruh karyawan 
4. Peningkatan keberhasilan kinerja organisasi     

Imbalan dapat berbentuk instrinsik dan ekstrinsik. Imbalan intrinsik antara lain termasuk pujian yang didapatkan untuk penyelesaian suatu proyek atau berhasil memenuhi beberapa tujuan kinerja. Efek psikologis dan sosial yang lain dari kompensasi juga merupakan gambaran dari jenis imbalan intrinsik. Kompensasi mempunyai dua komponen yaitu pembayaran keuangan langsung, gaji pokok (upah/gaji) dan gaji variable (bonus, insentif, dan kepemilikan saham) dan pembayaran tidak langsung, tunjangan(asuransi kesehatan, pensiun, dan liburan/cuti). (sumber: : Text Book MSDM oleh Doli Dalimunthe)

 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar